Selasa, 02 September 2014

Bagian Kamera Digital Tampak Atas




1. Hot shoe cover. Bagian atas kamera ini disediakan untuk menempatkan lampu flash tambahan. Tapi, tidak semua jenis kamera memiliki fasilitas ini.

2. Viewfinder swivel. Beberapa jenis camera mengijinkan kite buat mengarahkan camera kearah tertentu, dan melihatnya objek dari sudut yang berbeda. Dan beberapa jenis lainnya, mengizinkan kita untuk memutar LCD kearah yang kita inginkan. Untuk tujuan itulah, bagian ini dibuat.
Gunanya? Misalnya saat kita ingin memotret diri sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan fasilitas ini, kite bisa memutar lensa dan LCD, kearah yang kita inginkan. Tapi, juga tidak semua jenis kamera memiliki fasilitas ini.



3. Exposure program modes. Terkadang untuk mengatur dan menemukan kombinasi kecepatan shutter dan lensa yang tepat itu cukup memusingkan. Beberapa produsen kamera digital mengerti kesulitan ini. Untuk tujuan itulah, bagian ini dibuat. Cukup dengan menekan tombol yang disediakan, anda bisa mendapatkan kombinasi kecepatan shutter dan lensa yang sudah di komputerisasi.

4. Shutter release. Umumnya bagian ini diguna'in oleh camera digital buat menangkap dan mengunci objek yang ada di depan. Biasanya dengan menekan lalu melepaskan tombol yang terdapat pada bagian ini, camera digital tersebut akan menangkap dan menyimpan objek menjadi sebuah photo.

5. Control wheel/jog wheel. Bagian ini biasanya diletakkan didekat Shutter Release. Supaya si pemotret mudah untuk menjangkaunya. Dengan meletakkan bagian ini di dekat shutter release, si pemotret alias si photographer jadi bisa menjangkau bagian ini dengan jari yang dia gunakan untuk menjangkau shutter release.

Lalu, apa fungsi dari bagian ini? Bagian ini biasanya di gunakan untuk mengubah setting-setting tertentu dari camera digital yang bersangkutan. Misalnya : ada kamera jenis tertentu yang manfaatin bagian ini untuk mengatur setting Shutter Speed. Ada juga camera digital yang manfaatin untuk ngubah setting Aperture, atau mengubah filters, flip, dan sebagainya.
Masing-masing produsen dan jenis camera emang memanfaatkan bagian ini untuk kegunaan yang berbeda, sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing. Tapi, pada umumnya fungsi dan kegunaan masih rada-rada mirip alias kaga beda-beda amat. Dari buku manual yang disertakan dengan camera yang kita beli, biasanya kita akan tahu untuk mengubah setting apa Control wheel di gunakan. Salah satu yang mendukung ini adalah kamera wild, yang biasa ditaruh di dalam tas kamera national geographic.

6. Access cover for flash memory card. Bagian ini disediakan untuk memory card.

7. Main control dial. Bagian ini disediakan untuk mengakses fasilitas-fasilitas utama dari kamera digital. Misalnya : Mematikan atau menghidupkan kamera, mengubah mode shooting menjadi mode movie atau playback, atau untuk mengatur transfer photo.

8. LCD status screen
. LCD ini digunakan untuk menampilkan informasi mengenai status dari settingan yang telah kita pilih. Selain itu ada juga jenis kamera yang lain.


sumber : daddyrocknroll.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar